26.6 C
Jakarta
Sabtu, 18 Mei 2024

Motivasi Pilih Paslon 01 Pada Pilpres 2024

InsyaAllah, besok hari Rabu, 14 Februari 2024, sekitar 205 juta pemilih rakyat Indonesia akan mendatangi TPS, untuk menentukan pilihan: Siapa yang layak jadi Presiden RI untuk masa 5 tahun ke depan.

Maka penting bagi para pemilih untuk mengetahui kriteria yang pantas untuk dipilih diantara 3 paslon yang bertarung. Jangan salah pilih, inilah kriteria pemimpin menurut Al-Qur’an:

وَقَالَ لَهُمْ نَبِيُّهُمْ اِنَّ اللّٰهَ قَدْ بَعَثَ لَكُمْ طَالُوْتَ مَلِكًا ۗ قَالُوْٓا اَنّٰى يَكُوْنُ لَهُ الْمُلْكُ عَلَيْنَا وَنَحْنُ اَحَقُّ بِالْمُلْكِ مِنْهُ وَلَمْ يُؤْتَ سَعَةً مِّنَ الْمَالِۗ قَالَ اِنَّ اللّٰهَ اصْطَفٰىهُ عَلَيْكُمْ وَزَادَهٗ بَسْطَةً فِى الْعِلْمِ وَالْجِسْمِ ۗ وَاللّٰهُ يُؤْتِيْ مُلْكَهٗ مَنْ يَّشَاۤءُ ۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

“Nabi Bani Israil berkata kepada mereka: “Allah telah mengutus Thalut kepada kalian untuk menjadi raja kalian.” Bani Israil berkata: “Bagaimana Thalut dapat memerintah kami, padahal kami lebih berhak atas jabatan raja itu daripada dia, karena Thalut tidak mempunyai kekayaan apa-apa.” Nabi Bani Israil berkata: “Sungguh Allah telah memilih Thalut untuk menjadi raja bagi kalian. Allah menganugerahinya keluasan ilmu dan tubuh yang perkasa. Allah memberikan kekuasaan-Nya kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya. Allah Mahaluas rahmat-Nya lagi Maha Mengetahui kelemahan kalian.” (QS Al-Baqarah (2) : 247)

Dalam menentukan figur pemimpin negara, Raja Thalut, Al-Qur’an menentukan kualifikasi ideal: Luas ilmunya, kuat fisiknya, dan mulia akhlaknya.

Mirip teori SPIRE yang dikembangkan oleh Will Being Institute dan Harvard University. Untuk memilih pemimpin negara, setidaknya harus memiliki 5 syarat:

  1. S : spiritualitas (taat beragama, rajin ibadah)
  2. P : physical (berani, sehat fisik dan mentalnya)
  3. I : intelektual (cerdas)
  4. R : relasi, (komunikasi dan interaksi sosialnya bagus)
  5. E : emosional (emosinya stabil dan tidak mudah tersinggung/baperan).

Bagi kandidat yang tidak memenuhi 5 kualifikasi ini, atau hanya memiliki sebagian saja, maka dia tidak layak menjadi Presiden RI. Oleh karena itu jangan tertipu janji manis, apa gunanya negara kaya tapi rakyatnya miskin dan hutangnya menumpuk gegara presiden dan pejabatnya korup.

Secara faktual, kelima kualifikasi ini, ada pada Paslon 01: ANIS RASYID BASWEDAN – MUHAIMIN ISKANDAR.

Yogyakarta, 12 Februari 2024
IRFAN S. AWWAS

Muslim Mujahid
Muslim Mujahid
Admin laman situs resmi (website official) Majelis Mujahidin: www.majelismujahidin.com. Artikel yang diposting merupakan pernyataan, kebijakan dan intruksi resmi institusi, atau opini (wijhah) pribadi masing-masing penulis. Anda bisa melakukan feedback (umpan balik) dalam kolom komentar yang tersedia dalam web ini atau pada akun media sosial kami. Jazakumullah khairan!

Latest news

- Advertisement -spot_img

Related news

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.